Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy s21 Ultra 5G beserta Spesifikasi nya

Smartphone Galaxy S21+ 5G mengemas layar yang brilian, kamera kelas pro, kinerja yang ditingkatkan, dan daya baterai sepanjang hari ke dalam satu perangkat ramping, yang dapat disesuaikan dengan sentuhan akhir premium dan penyimpanan 512GB untuk nilai yang lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy s21 Ultra 5G beserta Spesifikasi nya
Galaxy S21 5G dirancang untuk menahan elemen dan menjaga foto, video, dan lagu Anda tetap aman. Ini memiliki layar besar yang memungkinkan Anda melihat semua detail media Anda dalam definisi tinggi. Prosesornya yang cepat memungkinkan Anda menikmati pemutaran yang lancar tanpa jeda waktu. Dan daya tahan baterainya yang lama berarti akan bertahan selama perjalanan apa pun yang Anda lakukan - bahkan saat memutar musik selama berjam-jam!

Galaxy S21 5G juga dilengkapi kamera 13 megapiksel dengan aperture f/1.7 untuk pengambilan gambar cahaya rendah yang lebih baik, serta kemampuan fokus otomatis yang memungkinkan Anda fokus pada subjek dengan cepat dan akurat tanpa perlu menyesuaikan apa pun secara manual terlebih dahulu (ini sangat berguna saat mencoba menangkap bidikan aksi).

Director's View revolusioner

Director's View yang revolusioner memungkinkan Anda memantau dan menyelaraskan beberapa video pada saat yang sama untuk membingkai bidikan Anda dengan sempurna atau menceritakan sebuah kisah.

Aplikasi Director's View revolusioner yang tersedia di Galaxy S21+ 5G memungkinkan Anda memantau dan menyinkronkan beberapa video secara bersamaan untuk membingkai bidikan Anda dengan sempurna atau menceritakan sebuah kisah. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menghubungkan hingga empat kamera dan melihat semua feed mereka pada satu layar sekaligus secara real-time. Ini membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengabadikan momen tak ternilai dengan anggota keluarga, merekam peristiwa saat mereka terungkap, mendokumentasikan acara olahraga atau konser, membuat video yang terlihat profesional untuk pembuat konten media sosial yang menginginkan sudut kamera yang lebih baik daripada yang mungkin dilakukan dengan ponsel mereka - dan banyak lagi!

Smart Wi-Fi 6

Samsung Galaxy Ultra S21 5G memiliki kemampuan Smart Wi-Fi 6, yang berarti dapat terhubung ke jaringan tercepat yang tersedia, memastikan Anda selalu memiliki akses ke data. Ini penting karena kami tahu betapa frustrasinya kehabisan baterai atau mencoba menggunakan ponsel Anda hanya untuk menemukan bahwa tidak ada layanan di mana pun. Dengan model ini, hal itu tidak akan menjadi masalah! Model ini juga dilengkapi dengan baterai epik sepanjang hari sehingga Anda tidak perlu khawatir akan melewati batas data Anda atau kehabisan daya.

Tahan air

Ponsel ini tahan air dan dapat menahan perendaman di dalam air hingga kedalaman 1,5 m hingga 30 menit¹. Itu berarti Anda dapat menggunakannya di tengah hujan, mencucinya jika kotor dan bahkan mengambil gambar di bawah air.

Haraga samsung Galaxy s21 Ultra 5G

RAM 12GB ROM 128GB Rp 11.500.000

RAM 12GB ROM 256GB Rp 12.290.000

RAM 16GB ROM 512GB Rp 13.690.000

Spesifikasi Samsung Galaxy s21 Ultra 5g

Exynos 2100 (5 nm)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi chipset Exynos 2100 (5 nm), yang terdiri dari CPU dan GPU. Ini juga memiliki yang berikut ini:

  • CPU: 2x ARM Cortex-A73 @2,6 GHz + 4x ARM Cortex-A53 @1,9 GHz

  • GPU: Mali G72 MP3

Kapasitas RAM-nya 4GB, sedangkan kapasitas ROM-nya 64GB (eMMC). Versi OS pada ponsel ini adalah Android 9 Pie

Octa-core (1 x 2.9 GHz Cortex-X1 dan 3x2.8 GHz Cortex-A78 dan 4x2.2 GHz Cortex-A55)

Galaxy S21 Ultra 5G adalah smartphone yang hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855, yang dikatakan sebagai prosesor seluler paling canggih. Exynos 7nm SoC juga mendukung fitur ini dan menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik serta peningkatan kinerja. Samsung Exynos 9 Series 9825 SoC adalah opsi lain untuk Anda pilih jika Anda menginginkan lebih banyak daya di ponsel Anda.

Mali-G78 MP14

Mali-G78 MP14 adalah unit pemrosesan grafis seluler yang dikembangkan oleh ARM Holdings. Unit ini diumumkan pada 7 Januari 2019 dan telah dipasangkan dengan Exynos 9920 SoC Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. GPU ini menawarkan 16 core dengan kinerja komputasi 1,1 TFLOPS, yang kira-kira dua kali lipat dari yang Anda dapatkan dari Adreno 630 atau 665 dari Qualcomm.

Kapasitas

128GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 16GB RAM, 128GB 6GB RAM, 


6,8 inci, 114,0 cm2 (~ 92,4% rasio layar-ke-tubuh)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5g hadir dengan ukuran layarnya  6,8 inci. Sedangkan untuk resolusi layarnya, ponsel ini menawarkan resolusi layar 1440 x 3200 piksel. Ini berarti bahwa ponsel Anda akan memiliki pengalaman menonton yang luar biasa saat Anda menonton film, bermain game, dan menelusuri foto.

1440 x 3200 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~515 ppi)

Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan layar 6,8 inci dengan resolusi layar 1440 x 3200 piksel, dan aspek rasionya 20:9. Kerapatan pikselnya ~ 515 ppi

Dynamic AMOLED 2X

Samsung Galaxy s21 Ultra 5g adalah ponsel yang menawarkan nilai yang sangat baik. Memiliki layar Dynamic AMOLED 2X 6,6" yang mengesankan, yang memungkinkan Anda menikmati konten terbaik pada layar besar namun tetap dapat masuk ke dalam saku atau tas Anda.

Kecepatan refresh HDR10+ 120Hz

>HDR10+ adalah format video yang mendukung format rentang dinamis tinggi.

Refresh rate >120Hz adalah fitur tampilan kelas atas yang memberikan gerakan yang lebih halus dan lebih lancar untuk konten di layar.

>Samsung Galaxy s21 Ultra 5g mendukung HDR10+.

8 MP, f/2.4; Kamera sudut lebar; Kamera TOF 3D sensor LiDAR, fokus otomatis, PDAF piksel ganda, OIS

Kamera

Bagian: 8 MP, f/2.4; Kamera Sudut Lebar; Kamera 3D TOF Sensor LiDAR, fokus otomatis, PDAF piksel ganda, OIS

  • 8 MP, f/2.4; Kamera sudut lebar

  • Kamera TOF 3D sensor LiDAR, fokus otomatis, PDAF piksel ganda, OIS

Kelebihan Samsung Galaxy s21 Ultra 5G

dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888. Prosesor andalan ini dibuat menggunakan proses 7nm, yang berarti menawarkan ukuran chip yang lebih kecil dan kinerja yang lebih tinggi. Selain itu, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dapat mendukung layanan dual-mode 4G + 5G, memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman internet seluler yang sangat cepat kapan saja dan di mana saja!

dilengkapi dengan codec AI pintar dan sistem suara canggih untuk kualitas panggilan yang superior

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi dengan codec AI pintar dan sistem suara canggih untuk kualitas panggilan yang superior. Ponsel ini menawarkan layar 2X AMOLED HD+ yang dinamis dengan resolusi 1440 X 3200 piksel dan kecepatan refresh 120Hz.

 memiliki dua kamera depan 8MP

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki dua kamera depan 8MP, bersama dengan lampu kilat LED untuk selfie yang jernih dalam kondisi cahaya rendah. Kamera ini juga dilengkapi dengan mode Live Focus yang memungkinkan Anda menyesuaikan keburaman latar belakang sebelum mengambil foto selfie.

Ponsel ini menawarkan perekaman video UHD pada 30 frame per detik (fps), memungkinkan Anda merekam rekaman ultra-halus pada layar ponsel Anda dalam detail yang menakjubkan menggunakan fitur Super Slow Motion perangkat.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi dengan kamera ultra lebar dengan resolusi 12 megapiksel, kamera sudut lebar dengan resolusi 108 megapiksel, kamera telefoto dengan resolusi 10 megapiksel, dan dua kamera lainnya di bagian depan dan belakang. Kamera utama ponsel ini mendukung konektivitas 5G. Pembaca sidik jari bekerja dengan baik dan membuka kunci ponsel dengan cepat. Ini memiliki desain elegan yang dapat digunakan sebagai pengemudi harian untuk bekerja atau bersantai.

memiliki fitur teknologi suara Dolby Atmos

Perangkat ini memiliki fitur teknologi suara Dolby Atmos untuk menghadirkan pengalaman audio yang imersif saat menonton film atau bermain game. Perangkat ini juga memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat sehingga Anda dapat mengisi daya baterai dengan cepat tanpa harus menunggu terlalu lama sebelum memulai kembali hari Anda!

memiliki layar AMOLED 2X HD+

Samsung Galaxy s21 Ultra 5G menawarkan layar AMOLED 2X HD+ yang dinamis dengan resolusi 1440 X 3200 piksel dan kecepatan refresh 120Hz.

kekurangan Samsung Galaxy s21 5G Ultra

1. Penutup belakang rentan terhadap goresan

Samsung Galaxy s21 5G Ultra baru Anda cantik dan ramping, tetapi bagian belakang ponsel terbuat dari plastik. Ini berarti rentan terhadap goresan, yang secara serius dapat mengurangi penampilan perangkat Anda.

2. Penutup belakang plastik

  • Penutup belakang plastik rentan terhadap goresan, yang bisa menjadi masalah jika Anda ingin menjaga ponsel Anda tetap murni.

  • Penutup belakang plastik tidak tahan lama seperti penutup belakang kaca.

  • Plastik licin dan tidak terasa nyaman di tangan. Plastik juga memiliki lapisan matte yang menarik sidik jari, sehingga lebih sulit untuk tetap bersih daripada kaca mengkilap atau permukaan logam pada ponsel lain.

3. Tidak ada peringkat IP

Peringkat IP adalah ukuran seberapa baik suatu produk dapat menahan debu dan air. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak perlindungan yang ditawarkannya. Misalnya, ponsel IP68 dapat menahan perendaman dalam air hingga kedalaman 5 meter selama 30 menit. Itu bagus jika Anda canggung atau hanya ingin ketenangan pikiran mengetahui ponsel Anda terlindungi dari kerusakan air!

Seperti yang mungkin sudah Anda duga sekarang, Samsung Galaxy s21 5G Ultra tidak memiliki peringkat IP. Ini tidak selalu menjadi pemecah kesepakatan untuk semua orang - kebanyakan orang tidak membutuhkan sesuatu yang kasar dan mudah jatuh seperti yang dapat dilakukan ponsel ini tanpa masalah - tetapi mungkin mengecewakan jika Anda berharap untuk sesuatu yang akan bertahan hidup dengan jatuh ke kolam renang atau toilet sesekali (atau bahkan lebih dari itu).

4. Bixby masih menjengkelkan

Saya tidak yakin apakah Bixby lebih baik daripada yang ada di S10 5G, tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa tampaknya tidak jauh berbeda. Bixby masih menjengkelkan dan meminta banyak izin untuk melakukan sesuatu.

Anda harus mematikan fitur Always-on Display untuk menggunakan Bixby, yang sama sekali tidak masuk akal karena mengalahkan seluruh poin dari memiliki tampilan yang selalu aktif!

Dan, meskipun saya suka menggunakan Google Assistant alih-alih asisten suara Samsung sendiri, saya berharap ada opsi di mana Anda bisa memilih mana yang Anda inginkan secara default saat membuka ponsel (seperti cara kerja SystemUI Tuner).

Meskipun demikian, jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang otomatis yang akan membuat hidup Anda lebih mudah atau menghemat waktu (alias "rutinitas"), maka silakan atur sendiri dengan Bixby Routines karena sangat mudah!

5. Pengaturan speaker tunggal dengan output biasa-biasa saja

Samsung Galaxy S21 5G Ultra memiliki fitur pengaturan speaker tunggal, yang berarti perangkat hanya dapat menghasilkan suara stereo. Ini adalah masalah bagi banyak orang yang suka mendengarkan musik atau menonton video di ponsel mereka.

Speaker juga tidak memiliki kenyaringan yang baik dibandingkan dengan smartphone lain dari berbagai merek seperti Apple dan Google. Kualitas suaranya juga tidak bagus; oleh karena itu, sulit bagi pengguna untuk mendengar apa yang dikatakan ketika ada suara-suara lain di latar belakang atau jika mereka berada di lingkungan yang sangat bising.

6. Masalah pengisian daya

Jika Anda adalah pengguna berat ponsel cerdas Anda, maka Anda mungkin menghadapi masalah seperti kecepatan pengisian daya yang lambat dan waktu pengisian daya. Ini bisa sangat mengganggu bagi pengguna yang ingin menggunakan smartphone mereka dengan cepat dan efektif. Galaxy S21 5G Ultra memiliki masalah yang sama dengan pendahulunya Samsung Galaxy S21 5G.

Ponsel ini tidak mendukung pengisian cepat yang berarti akan membutuhkan waktu lama untuk mengisi penuh perangkat ini dari 0% hingga 100%. Anda mungkin perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengisi daya ponsel Anda.

Kesimpulan: 

Secara keseluruhan, menurut saya Galaxy S21 adalah ponsel yang luar biasa. Ponsel ini memiliki tampilan yang indah, pengalaman perangkat keras dan perangkat lunak yang kuat, dan kamera yang hebat.

Namun, masih ada beberapa kekurangan yang dapat mengganggu beberapa pengguna. Misalnya, asisten Bixby Samsung masih tidak sebagus Google Assistant atau Siri dalam melakukan tugas sehari-hari seperti menyetel pengingat atau mengirim pesan-dan sayangnya tidak ada cara untuk mematikan perintah suaranya juga dan harganya tidak sedikit lebih murah daripada beberapa flagships lain di luar sana saat ini - tetapi jika Anda mampu membelinya, maka lakukanlah!