Arloji Pintar Apple Inovasi Terbaru dengan Fitur Double Tap

Arloji Pintar Apple Inovasi Terbaru dengan Fitur Double Tap

Apple terus mengukir inovasi dengan meluncurkan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra generasi kedua pada Rabu, 13 September 2023, dini hari waktu Indonesia. Salah satu fitur unggulan yang membuat kedua perangkat ini menonjol adalah kemampuan untuk dikendalikan tanpa perlu menyentuh layar, dikenal sebagai "Double Tap" atau Ketuk Dua Kali.

Double Tap Kontrol Tanpa Sentuhan

Fitur Double Tap memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kontrol di perangkat hanya dengan mengetukkan jari. Cara penggunaan yang mudah, cukup dengan mengetukkan ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan sebanyak dua kali. Gestur ini diaplikasikan untuk mengaktifkan mode interaksi tanpa perlu menyentuh layar secara langsung.

Melalui Double Tap, pengguna dapat menjawab panggilan suara, menghentikan penghitung waktu (stopwatch atau timer), memutar musik, menunda alarm, serta membidik kamera tanpa perlu menyentuh perangkat. Keunggulan fitur Double Tap adalah kemampuannya untuk membantu pengguna dalam situasi di mana kedua tangan sedang kotor dan tidak dapat mengakses layar Apple Watch.

Perkembangan Fitur Kontrol Gestur

Apple sebenarnya telah memperkenalkan fitur kontrol gestur serupa bernama Assistive Touch pada tahun 2021. Namun, Double Tap dianggap lebih membantu pengguna dalam beberapa situasi. Perbedaannya terletak pada cara penggunaan; pengguna cukup mengetukkan ibu jari ke jari telunjuk sebanyak dua kali untuk menggunakan Double Tap, sementara untuk Assistive Touch, pengguna harus menggenggam telapak tangannya Untuk membuka layar Apple Watch, silakan ketuk dua kali.

Teknologi di Balik Double Tap

Kemampuan mendeteksi gestur dalam fitur Double Tap tidak lepas dari chip yang digunakan untuk menunjang performa perangkat ini. Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 ditenagai oleh prosesor S9 SiP Apple, yang berdasarkan Apple A15 Bionic yang juga digunakan di iPhone 13. Chip S9 Apple didukung oleh system in package (SiP) dengan 60 persen transistor yang lebih banyak ketimbang chip pendahulunya, S8.

Performa GPU dari chip tersebut diklaim lebih cepat dibandingkan pendahulunya dan dibekali empat inti NPU (Neural Processing Unit). Berkat neural engine baru di S9 SiP Apple, kedua arloji pintar dapat mendeteksi gestur Double Tap dengan baik. Gestur ini dapat dilakukan berkat neural engine di chip S9 yang memproses data melalui accelerometer, gyroscope, dan sensor jantung optis yang ditingkatkan. Algoritma digunakan untuk mendeteksi tanda unik dari gerakan kecil dan perubahan aliran darah saat tangan dan jari melakukan gestur ketukan dua kali.

Ketersediaan dan Harga

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 tersedia dengan harga masing-masing mulai dari 399 dollar AS (sekitar Rp 6,1 juta) dan 799 dollar AS (sekitar Rp 12,2 juta). Kedua arloji pintar ini sudah dapat dipesan dan akan mulai dijual pada 22 September 2023 di sejumlah negara. Meskipun demikian, belum ada indikasi apakah perangkat ini akan segera hadir di Indonesia.

Tentu saja, inovasi yang dibawa oleh Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 dengan fitur Double Tap membuka kemungkinan baru bagi pengguna untuk lebih leluasa mengontrol perangkat tanpa harus menyentuh layar. Teruslah berinovasi, teruslah menghadirkan teknologi yang memudahkan hidup. Apple terus menunjukkan eksistensinya di dunia teknologi dengan terobosan-terobosannya yang luar biasa.