Pembaruan iOS 17.1 Apple Mengatasi Radiasi iPhone 12 untuk Pengguna di Perancis

Pembaruan iOS 17.1  Apple Mengatasi Radiasi iPhone 12 untuk Pengguna di Perancis

Apple, sebagai salah satu produsen smartphone terkemuka di dunia, telah merencanakan peluncuran pembaruan iOS 17.1 yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait radiasi yang dipancarkan oleh iPhone 12 di Perancis. Pembaruan ini dijadwalkan akan dirilis pada bulan Oktober ini, khusus untuk pengguna di Perancis, dengan tujuan utama mengurangi tingkat radiasi yang dipancarkan oleh perangkat iPhone 12.

Pembaruan ini berasal dari respons Apple terhadap desakan yang datang dari pemerintah Perancis yang telah melarang penjualan iPhone 12 di negaranya. Larangan ini didasarkan pada kekhawatiran bahwa radiasi yang dipancarkan oleh iPhone 12 melebihi ambang batas Eropa yang telah ditetapkan. Apple awalnya menyatakan bahwa iPhone 12 aman untuk digunakan, dengan seolah-olah menyangkal adanya tingkat radiasi yang tinggi.

Salah satu tindakan yang diambil oleh Apple untuk mengatasi kekhawatiran ini adalah dengan menonaktifkan fitur pendeteksi saat iPhone tidak melekat pada tubuh pengguna. Fitur ini sebelumnya digunakan untuk memperkuat sinyal saat ponsel tidak digenggam, seperti saat diletakkan di atas meja. Pembaruan ini akan mengaktifkan penonaktifan fitur ini khusus di wilayah Perancis melalui iOS 17.1. Akibatnya, iPhone 12 di Perancis tidak akan memancarkan energi yang tinggi dalam kondisi statis, seperti saat diletakkan di atas meja. Walaupun demikian, Apple memastikan bahwa sebagian besar pengguna tidak akan merasakan dampak signifikan pada kinerja perangkat mereka.

Apple menjelaskan bahwa iPhone, termasuk iPhone 12, dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi apakah perangkat diletakkan di permukaan statis seperti meja, digenggam, atau disimpan di saku. Sensor ini telah digunakan di semua model iPhone selama lebih dari satu dekade. Dengan menggunakan sensor ini, iPhone dapat mendeteksi kapan perangkat memancarkan lebih banyak energi sehingga kinerja perangkat bisa dioptimalkan. Namun, praktik ini tidak dipertimbangkan dalam protokol pengujian radiasi yang dilakukan oleh badan pengawas frekuensi radio Perancis (ANFR).

Menurut ANFR, pengujian terhadap iPhone 12 menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tersebut melebihi batas wajar dan rentan diserap oleh tubuh pengguna. Pengukuran tingkat penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh pengguna atau Specific Absorption Rate (SAR) mencapai 5,74 watt per kilogram saat ponsel digenggam atau disimpan di saku. Sementara itu, dalam skenario pengujian lain dengan memberikan jarak 5 sentimeter dari ponsel ke tubuh manusia, iPhone 12 memiliki nilai SAR sebesar 2,0 watt per kilogram. Ambang batas penyerapan energi yang telah ditetapkan oleh Eropa adalah 4,0 watt per kilogram, sehingga iPhone 12 dikategorikan melebihi ambang batas ini berdasarkan simulasi pengujian saat ponsel digenggam atau disimpan di saku.

Dalam respons terhadap temuan ini, ANFR memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan iPhone 12 di Perancis mulai 12 September. Untuk iPhone 12 yang sudah terlanjur dijual, ANFR meminta Apple untuk segera mengambil tindakan agar tidak menimbulkan dampak lebih lanjut pada pengguna. Dalam menanggapi hal ini, Apple mengumumkan pembaruan iOS 17.1 yang akan mengatasi permasalahan radiasi ini. Meskipun tanggal ketersediaan pembaruan ini belum diungkapkan oleh perusahaan, pembaruan iOS 17.1 diharapkan dapat memberikan solusi yang memadai untuk meminimalkan tingkat radiasi pada iPhone 12 dan memastikan keamanan pengguna.